Debat Perdana Pilgub Jawa Timur 2024: Tantangan, Gagasan, dan Harapan

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 menjadi salah satu agenda politik penting yang dinanti-nanti masyarakat. Debat perdana yang digelar sebagai bagian dari kampanye menjadi momen kunci untuk mengetahui lebih dalam visi dan misi para calon gubernur dan wakil gubernur. Dalam debat tersebut, para kandidat diharapkan mampu memberikan gagasan-gagasan konkret yang menjawab tantangan di Jawa Timur, salah satu provinsi terbesar dan strategis di Indonesia.



Hari ini 17 Oktober 2024, aku dan beberapa teman blogger Jawa Timur mendapatkan undangan dari KPU Jawa Timur. Berlokasi di Graha Unesa Surabaya yang nantinya bakal menjadi lokasi debat perdana Pilgub Jawa Timur 2024. Kami disini hadir untuk mendapatkan informasi mengenai media briefing persiapan publik. Karena nantinya tidak semua orang bisa masuk untuk melihat debatnya secara langsung.


Oia sebelumnya teman-teman sudah tau belum, siapa saja yang mencalonkan diri sebagai Gubernur dan Wakil gubernur Jatim? Nah jadi pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024, terdapat tiga pasangan calon (paslon) yang bersaing:


1. Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak

 Khofifah, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, kembali mencalonkan diri bersama Emil Dardak, Wakil Gubernur Jatim periode sebelumnya. Pasangan ini didukung oleh koalisi besar yang terdiri dari 15 partai, termasuk Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKS, dan lainnya.


2. Tri Rismaharini - Gus Hans (K.H. Zahrul Azhar Asumta)

 Tri Rismaharini, mantan Wali Kota Surabaya yang juga menjabat sebagai Menteri Sosial, maju bersama Gus Hans. Pasangan ini didukung oleh PDIP, Hanura, dan Partai Ummat.


3. Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Hakim

 Luluk, anggota DPR RI dari PKB, berpasangan dengan Lukmanul Hakim, juga seorang anggota DPR. Mereka didukung penuh oleh PKB. 


Pertarungan di Pilgub Jatim 2024 ini diprediksi akan berlangsung sengit dengan ketiga paslon yang memiliki latar belakang kuat dan pengalaman politik yang signifikan.


Debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 akan digelar pada 18 Oktober 2024. Untuk debat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menyiapkan tujuh panelis yang semuanya berasal dari kalangan akademisi. 



Berikut daftar nama Panelis yang akan hadir di debat perdana Pilgub Jatim 2024:

  • Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag. - Ahli Pendidikan Agama dari Fakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Prof. Dr. Drs. Ec.H. Muhammad Syarif, M.Si, CMA,CRA. - Ahli Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo, Madura. 
  • Adhitya Wardono, SE, M.Si, M.Sc, PhD. - Ahli Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.
  • Dr. Sasongko Budisusetyo, CPA, CPMA. - Ahli Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.
  • dr. Hidayatullah, Sp.N. - Ahli Kesehatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo.
  • Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. - Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang.
  • Dr. Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed. - Ahli Pendidikan Bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang


Mereka bertugas untuk merumuskan materi debat serta menguji visi dan misi dari para kandidat gubernur dan wakil gubernur. Para panelis ini dipilih karena dianggap memiliki kapabilitas dalam mengeksplorasi isu-isu penting yang relevan bagi masyarakat Jawa Timur. 


Debat perdana Pilgub Jawa Timur 2024 membuka wacana penting terkait masa depan provinsi ini. Dengan menghadapi berbagai tantangan dari segi ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga lingkungan, para calon gubernur dan wakil gubernur dituntut untuk menyajikan program kerja yang konkret dan terukur. 


Pemilih di Jawa Timur memiliki peran krusial dalam menentukan siapa yang akan memimpin mereka, dan debat ini menjadi salah satu alat bantu penting dalam menilai kapabilitas dan komitmen para kandidat.



Debat Pilgub I akan dilaksanakan akan dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024 di Graha Unesa, lantai 4. Teman-teman bisa menyaksikan debat secara live di kanal Youtube KPU Jawa Timur ya atau bisa juga nonton di televisi ya karena akan disiarkan juga secara langsung di Kompas TV dan TVRI mulai pukul 19.30.


Nah untuk yang Debat II  3 November 2024 di DBL, Jl. Ahmad Yani 88 Surabaya. Stasiun JTV dan CNN Indonesia akan menyiarkannya secara live. Serta untuk Debat III akan disiarkan langsung oleh Metro TV dan TV One bertempat di Grand City Surabaya pada 18 November 2024.


Yuk sama-sama menyimak agar lebih kenal dengan calon pemimpin kita nantinya.

Komentar

back to top